Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Benar 2019

Resume merupakan bagian yang tidak bisa Anda lewatkan saat mengirim lamaran pekerjaan. Di dalam CV berisikan informasi umum, tentang Pendidikan Anda yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh Perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan tersebut.

Ada beberapa point yang harus diperhatikan dalam menyusun CV yaitu :
  • Pastikan informasi didalamnya tersusun rapi dan mudah dibaca
  • Usahakan CV semenarik mungkin tapi tetap berkesan profesional
  • Usahakan isi dengan informasi selengkap-lengkapnya

Informasi apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam CV, agar memberikan gambaran umum yang cukup bagi perusahaan tempat Anda melamar adalah sebagai berikut :
  1. Biodata
  2. Latar Belakang Pendidikan
  3. Pengalaman Kerja
  4. Pengalaman Organisasi
  5. Kemampuan Anda dan sertifikat terkait

Berikut ini Jelaskan detail dari 5 pohon tersebut
1. Biodata
Biodata atau data diri informasi ini biasanya berisi tentang :
- Nama lengkap
- Tempat tanggal lahir
- Jenis kelamin
- Status pernikahan
- Nomor telepon HP / WA dan telepon rumah Apabila ada
- Alamat email

Untuk alamat email usahakan menggunakan alamat email yang profesional, seperti menggunakan nama Anda : mustika@gmail.com

2. Latar Belakang Pendidikan
Biasanya latar belakang pendidikan berisikan tentang pendidikan formal dan nonformal yang pernah Anda ambil, misalnya mulai dari SD SMP SMA dan D3 atau S1. kuliah, kemudian kursus, biasanya ini memiliki sertifikat, misal kursus bahasa Inggris, kursus programming, kursus komputer dan lain sebagainya.
Untuk pendidikan formal Anda tulis dari yang paling terakhir terlebih dahulu, mulai dari S1 atau D3, SMA, SMP dan SD.
Biasanya tercantum di sini akan berisikan nama institusi tempat Anda mengenyam pendidikan, kemudian berapa tahun lamanya Anda bersekolah atau kuliah atau mengambil pendidikan non-formal tersebut, kemudian jurusan yang kamu ambil , fakultas untuk kuliah, IPK. Jelaskan juga Apakah Anda lulusan Diploma atau sarjana S2 atau S3 kuliah.

3. Pengalaman Kerja
Pengalaman kerja biasanya berisikan tentang :
  • Daftar tempat Anda pernah bekerja
  • Posisi Anda saat bekerja di perusahaan tersebut
  • Deskripsi singkat pekerjaan yang Anda lakukan
  • Lamanya Anda bekerja pada perusahaan tersebut

4. Pengalaman Organisasi
Dengan memiliki pengalaman organisasi dapat memberikan gambaran, bahwa Anda juga aktif ikut serta dalam organisasi organisasi yang pernah Anda ikuti.

5. Kemampuan Yang Anda Miliki
Tuliskan juga kemampuan yang Anda miliki dalam Curriculum Vitae dan sertakan sertifikat kalau ada. Misalnya Anda memiliki skill program Aplikasi atau software semacam Microsoft Office Word, Excel, Powerpoint, SPSS atau Corel Draw, Photoshop  dan juga kemampuan non programming, seperti skill presentasi negosiasi manajemen dan lain sebagainya.

Tips untuk mendesain CV atau resume.
Dalam mendesain CV atau resume perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
  • Jangan menggunakan font atau huruf yang sulit dibaca. Gunakan font yang biasa saja, misalnya Arial, Calibri, Myriad Pro atau Times New Roman.
  • Warna font jangan terlalu berwarna-warni, gunakan warna seperlunya saja, apalagi menggunakan warna-warna yang membuat tulisan menjadi tidak terbaca.
  • Jangan memasang foto yang tidak profesional, misalnya foto yang lebih layak ditampilkan di Instagram. Usahakan foto yang Andacantumkan dan terkesan profesional menggunakan kemeja atau jas dan secara umum terlihat rapi. Gunakan background foto dengan warna yang jelas, seperti warna biru atau merah.
  • Ukuran font usahakan jangan terlalu kecil, untuk Microsoft Word standarnya adalah font calibri dengan ukuran paling adalah 11 atau lebih besar. Agar dapat membuat perusahaan tempat Anda mengirimkan lamaran dapat membaca dengan nyaman.

Nah demikianlah beberapa hal yang Anda perlu Anda ketahui dalam menyusun CV. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda impiankan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel