Mengiriman Surat Lamaran melalui Po Box

Mengiriman Surat Lamaran melalui Po Box
Pengiriman surat, lamaran kerja atau barang biasanya membutuhkan alamat lengkap serta nama perusahaan agar barang yang dikirim memang sampai ke tempat yang seharusnya. Namun tidak semua perusahaan menyertakan alamat lengkap. Beberapa perusahaan hanya mencantumkan nomor Po Box.

Apa itu Po Box?

PO BOX adalah kependekan untuk Post Office Box. Post office box adalah laci lemari surat yang terdapat di Kantor Pos. Daripada menyebutnya laci, banyak orang yang menyebutnya dengan kata kotak pos. Biasanya setiap kotak ini memiliki nomor dan kunci masing-masing, sehingga tidak sembarangan orang bisa membukanya. Kuncinya hanya diberikan kepada penyewa.  Dengan adanya Po Box, pengiriman surat dari orang lain bukan dikirimkan ke rumah atau perusahaan namun di masukan ke dalam kotak yang disewa.

Harga sewa kotak ini tidaklah mahal biasanya harga sewanya adalah minimal Rp 10 ribu / bulan. Dikarenakan kantor-kantor pos di Indonesia hanya melayani penyewaan pertahun, maka sekali sewa kita perlu mengeluarkan biaya minimal Rp 120 ribu untuk penyewaan 1 tahun. Harga sewa ini tergantung juga oleh ukuran kotak yang disewa.

Alasan Menggunakan Po Box

Kenapa beberapa perusahaan ataupun individual memutuskan menggunakan Po Box? berikut ini beberapa alasannya:

1. Bagi perusahaan atau individual yang tidak memiliki alamat tetap tentu dengan memiliki Po Box akan sangat mempermudah proses surat menyurati. Walaupun mereka tidak ada alamat tetap di mana kantor berada namun mereka memiliki alamat tetap untuk penyuratan yaitu Po Box yang ada di kantor pos.
2. Meminimalis surat tersasar atau hilang. Po Box tersebut ada  di kantor pos, sehingga ketika surat sampai di kantor pos, tukang posnya akan langsung disortir dan dimasukan ke dalam kotak kita. Bila tidak Po Box, biasanya surat atau paket yang sudah sampai akan disortir, disimpan dan dibagikan ke tukang pos yang bertanggung jawab pada area dimana surat tersebut ditujuhkan. Jadi dengan adanya Po Box, proses panjang yang bisa dilalui diperpendek, sehingga meminimalis surat atau paket hilang. Lagipula setiap orang di daerah tersebut memiliki Po Box yang berbeda-beda sehigga tidak akan tertukar.
3. Po Box aman loh. Yang bisa membuka Po Box hanyalah orang yang memiliki kunci access saja, jadi tidak semua orang bisa membukanya. Biasanya untuk perusahaan, yang memengang kuncinya adalah kepala HRD. Surat yang sudah di dalam kotak Po Box tidak akan diambil sampai orang pemengang kunci yang datang dan mengambillnya sendiri. Kapan pemegang kunci / penyewa Po Box bisa mengambilnya? Kapan saja sesuai jam yang ditentukan olah masing-masing kantor pos.
4. Kerahasian, biasanya beberapa perusahaan memilih Po Box, agar alamat perusahaan rahasia. Hal ini untuk menghindari pelamar yang agresif datang tanpa janji. Atau perusahaan tersebut dalam proses pindahan.

Mengiriman Surat Lamaran melalui Po Box

Pengiriman Surat ke Po Box

Oke sudah mengerti apa itu Po Box dan alasan kenapa ada orang yang menggunakannya, maka saatnya kita mengerti gimana cara pengiriman surat, lamaran atau paket dengan menggunakan Po Box. Jujur caranya sebenarnya gampang dan tidak jauh berbeda dengan pengiriman surat pada alamat biasa. Contoh si A ingin melakukan pengiriman lamaran ke Po Box kantor SSS maka yang perlu ditulis A pada amplop surat hanyalah

Kepada
Manager HRD
Po Box : …… (isi dengan nomor Po Box)

Selanjutnya tinggal tuliskan nomor kode pos dan kota di bawahnya. Biasanya pasti diberikan agar surat benar-benar terkirim ke alamat yang tepat.

Sumber : http://artikelinformasi.com/pengiriman-surat-lamaran-ke-po-box, semoga bermanfaat.